Ada fitur baru di GampSMS yang OK punya yaitu SMS polling. Dengan fitur ini, Anda bisa mengadakan polling secara terbuka untuk siapa saja maupun tertutup yang hanya dibatasi oleh mereka yang terdaftar di phonebook. Selain itu Anda juga bisa membatasi apakah seseorang bisa melakukan vote lebih dari sekali atau hanya boleh sekali saja. Hasil dari SMS polling ini akan direpresentasikan ke dalam bentuk grafik chart yang simpel dan mudah untuk dibaca.

Bagi Anda yang belum mengetahui cara penggunaan fitur SMS polling ini, berikut kami berikan tutorialnya.

Dalam GampSMS, fitur SMS polling ini terdapat dalam menu PLUGINS. Menu PLUGINS ini memang ke depannya akan dijadikan semacam direktori untuk fitur-fitur tambahan yang menarik dari GampSMS.

Untuk membuat polling baru, silakan Anda klik menu ‘Tambah Polling’

SMS Polling

Selanjutnya isikan pertanyaan atau deskripsi polling yang akan Anda buat pada kotak isian yang disediakan. Tentukan pula sifatnya, apakah terbuka atau tertutup, sekaligus apakah seseorang bisa melakukan multiple vote atau tidak.

SMS Polling

Setelah pertanyaan polling dibuat, langkah berikutnya Anda harus mengisi pilihan-pilihan pada polling tersebut. Caranya adalah klik menu ‘Tampilkan Polling’ yang selanjutnya akan muncul daftar polling yang telah dibuat.

SMS Polling

Untuk menambahkan pilihan jawaban pada polling tertentu, silakan klik icon berikut ini

SMS Polling

pada polling yang bersesuaian.

Silakan isi pilihan-pilihan jawaban pada polling tersebut.

SMS Polling

Nomor-nomor yang muncul pada daftar pilihan yang telah dibuat tersebut nantinya digunakan untuk proses voting.

Setelah pilihan-pilihan jawaban polling dibuat, langkah berikutnya adalah mengaktifkan polling tersebut dengan cara klik kembali ‘Tampilkan Polling’ lalu klik icon berikut ini

SMS Polling

Begitu polling tersebut aktif, maka orang bisa langsung mengirim SMS polling. Oya, dalam SMS polling ini GampSMS hanya mengijinkan satu buah polling yang aktif. Format perintah untuk mengirim polling adalah VOTES#NO-PILIHAN, contoh: VOTES#5.

Untuk melihat grafik atau chart hasil polling, silakan klik icon berikut ini

SMS Polling

Sedangkan icon di bawah ini digunakan untuk mengedit polling yang sudah dibuat.

SMS Polling

Jika data polling sudah tidak digunakan, maka Anda dapat menghapus polling tersebut dengan mengklik icon berikut ini.

SMS Polling

Untuk menghentikan polling yang sedang berjalan atau aktif, klik icon di bawah ini.

SMS Polling

Satu lagi yang bisa Anda customize dari fitur SMS polling ini, yaitu Anda dapat mengatur konfigurasi balasan SMS auto reply mereka yang sudah mengirim SMS polling. Untuk mengatur konfigurasi ini, silakan klik ‘Setting Konfigurasi’.

SMS Polling

Dari setting konfigurasi, Anda dapat mengubah keyword voting nya (Default: VOTES), mengubah bunyi balasan bagi mereka yang telah sukses mengirim SMS polling, maupun yang salah formatnya dll.

Demikian penjelasan penggunaan SMS polling yang merupakan salah satu fitur dalam plugin GampSMS, mudah-mudahan ada manfaatnya. Dan.. nantikan plugin-plugin menarik lainnya dari GampSMS yang khusus bagi Anda pengguna setia GampSMS.

Notes:
Fitur Plugin GampSMS tidak terdapat di GampSMS Trial Version.

No related posts.