Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan para klien kami sewaktu instalasi Gammu adalah tidak munculnya status koneksi Gammu (PC) dengan modem yang digunakan.

Mudah-mudahan artikel ini bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Normalnya, bila Anda melakukan cek koneksi Gammu dengan modem pada langkah ke-2 sewaktu instalasi Gammu adalah muncul tampilan berikut ini

status koneksi modem gammu

Namun, terkadang ada kasus dimana status koneksi tidak muncul sama sekali alias blank. Hal ini disebabkan karena adanya file msvcr71.dll di Windows XP yang hilang atau corrupt. Hilang atau rusaknya file ini bisa jadi karena virus, atau penggunaan komputer yang tidak sesuai prosedur (mematikan komputer tanpa shutdown) atau listrik yang tiba-tiba padam.

Lantas, bagaimana solusi dari masalah tersebut? solusinya adalah silakan mendownload file msvcr71.dll tersebut di sini. Kemudian, letakkan file tersebut di direktori C:\Windows\System32. Jika Anda menggunakan OS Windows 7 dengan 64 bit, maka letakkan di direktori C:\Windows\SysWOW64. Khusus Windows 7 dengan 32 bit, file tetap diletakkan di C:\Windows\System32.

Kemudian jangan lupa untuk merestart PC nya.

Dengan demikian, Anda tidak perlu melakukan reinstall Windows nya.

Mudah-mudahan artikel ini memberi solusi Anda ketika menghadapi masalah di atas sewaktu instalasi gampSMS.

No related posts.