Kreasi inovatif dari GampSMS senantiasa dikembangkan dari waktu ke waktu. Inovasi yang senantiasa muncul inilah yang membawa GampSMS menjadi salah satu software SMS center yang patut dipertimbangkan kehandalannya baik performa maupun kelengkapan fitur-fiturnya. Salah satu dari bentuk inovasi ini adalah hadirnya plugin FREE WEB SMS yang mulai tersedia pada GampSMS update ke-15. Dengan plugin ini, Anda bisa membuat layanan FREE WEB SMS atau kirim SMS gratis bagi pengunjung website Anda untuk menambah daya tarik pengunjung atau traffic website.

Kelebihan dari plugin Free Web SMS dari GampSMS ini adalah Anda tidak perlu menyediakan IP Public sendiri. Hanya dengan mengupload beberapa script ke web hosting Anda dan mengkoneksikan PC yang sudah diinstall GampSMS ke internet maka plugin ini sudah bisa aktif.

Dalam artikel kali ini, saya akan memaparkan cara aktivasi dan penggunaan plugin FREE WEB SMS yang ada di GampSMS.

Setelah Anda melakukan upgrade ke update 15, maka di dalam direktori GampSMS Anda akan muncul folder baru bernama ‘sampel-sms-online’. Dalam folder ini berisi beberapa file script contoh dari FREE WEB SMS ini. Anda bisa mengembangkannya sendiri sesuai keinginan atau cukup menggunakan contoh script yang sudah ada tersebut.

Di sini saya hanya akan menjelaskan cara aktifasi dari contoh script yang sudah tersedia. Berikut ini beberapa file yang ada di folder ‘sampel-sms-online’:

  • sms.html : merupakan halaman form untuk kirim sms
  • send.php : merupakan script untuk pengiriman sms
  • api.php : merupakan script API untuk koneksi antara server hosting dengan local server (PC local)
  • koneksi.php : merupakan script koneksi ke database hosting
  • table-sms.sql : berisi struktur tabel untuk menampung data sms yang akan dikirim

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mengupload semua file di atas ke server hosting Anda. Selanjutnya dengan menggunakan phpmyadmin yang ada di server hosting Anda, buatlah sebuah tabel database bernama ‘kirimsms‘ dengan struktur SQL seperti yang ada di file table-sms.sql. Setelah tabel ‘kirimsms‘ dibuat di database server hosting, selanjutnya ubah parameter koneksi mysql di dalam file koneksi.php. Sesuaikan nama usernya, password koneksi database server hosting Anda, dan juga nama databasenya.

Selanjutnya setelah rangkaian langkah di atas telah dilakukan, langkah berikutnya adalah mengaktifkan plugin tersebut dengan cara masuk ke menu PLUGIN – FREE WEB SMS. Pilih ON pada status aktif nya, lalu isikan URL website Anda disertai awalan http://. Pastikan URL nya tepat menuju direktori tempat Anda mengupload semua file di atas. Misalkan nama website Anda www.rosihanari.net, dan semua file di atas tadi diupload ke folder ‘free-sms’, maka isikan URL nya http://www.rosihanari.net/free-sms, dan proses instalasi dan aktifasinya selesai.

Nah, sekarang Anda memiliki layanan free SMS dalam website. Untuk mengirim SMS melalui website Anda, silakan mengakses form sms.html tadi, misalnya http://www.rosihanari.net/free-sms/sms.html

Oya, Anda juga bisa menambahkan footer dari setiap SMS yang dikirimkan oleh pengunjung website Anda. Biasanya footer ini berisi nama situs Anda. Tujuan dari footer ini adalah untuk keperluan marketing. Nama website Anda akan dikenal karena menyediakan layanan free SMS bagi pengunjungnya :-) Untuk mengubah nama footer SMS, silakan mengeditnya pada file send.php yang diupload ke server hosting tadi.

Bagaimana jika form kirim SMS tersebut ingin diletakkan di dalam tampilan website kita yang berupa blogspot atau WordPress atau CMS lain?? Mudah sekali, Anda cukup menggunakan sebuah iframe yang diletakkan dalam widget atau sidebar yang ada di website Anda. Selanjutnya iframe tersebut diarahkan ke form sms.html tadi. Untuk lebih jelasnya silakan menunggu artikel berikutnya ya…. :-)

Related posts:

  1. [PLUGIN] Menggunakan Plugin SMS Ulang Tahun di GampSMS
  2. [PLUGIN] Menggunakan Plugin SMS Polling di GampSMS
  3. [TIPS & TRIK] Cara Integrasi GampSMS dengan Website Registration (Web2SMS)