Salah satu kelebihan GampSMS dibanding software SMS center lain yang ada di pasaran adalah dari sisi kemudahannya apabila diintegrasikan dengan database lain yang sudah established untuk keperluan autoreply SMS. Salah satu DBMS yang bisa diintegrasikan dengan GampSMS adalah Microsoft SQL Server (MS SQL Server).

Hal di atas telah diimplementasikan dengan sukses oleh salah satu klien GampSMS yaitu Pengadilan Agama Temanggung, Jawa Tengah. Instansi ini telah memiliki sistem manajemen sidang perkara, yang data-datanya tersimpan dalam MS SQL Server. Dengan menggunakan GampSMS, Pengadilan Agama Temanggung ingin menyediakan layanan bagi masyarakat untuk mengecek jadwal sidang via SMS dengan format tertentu berdasarkan nomor perkaranya. Setelah masyarakat mengirim nomor perkara dalam format SMS tertentu ke SMS center GampSMS, selanjutnya GampSMS melookup data jadwal persidangan yang ada di database MS SQL Server. Apabila nomor perkaranya ditemukan dalam database, maka sistem akan mereply jadwal sidangnya. Sedangkan apabila nomor perkaranya tidak ditemukan, atau format SMS nya salah maka sistem akan memberitahukannya via SMS kepada si pengirim.

Proses integrasi GampSMS dengan MS SQL Server ini dapat dengan mudah dan cepat dilakukan karena telah tersedia template script untuk melakukan hal ini, hanya dengan menambahkan beberapa baris kode saja.

Related posts:

  1. [TIPS & TRIK] Cara Integrasi GampSMS dengan Website Registration (Web2SMS)
  2. [TIPS & TRIK] Cara Mengintegrasikan Sistem AutoReply GampSMS Dengan Aplikasi Lain