Idealnya, proses pengiriman SMS broadcast yang dilakukan melalui GampSMS adalah membutuhkan waktu 3-5 detik per SMS. Sehingga rata-rata per jam, GampSMS mampu mengirim SMS sekitar 600 – 900 sms perjam nya (rata-rata). Kecepatan pengiriman SMS ini tergantung kekuatan sinyal maupun kualitas operator seluler yang digunakan.

Namun, jika Anda mengalami masalah dimana sebelumnya proses pengirimannya cepat, kemudian di lain waktu tiba-tiba menjadi lambat, misalkan dalam 1 jam hanya terkirim 300 sms saja, itu pun banyak SMS yang SendingError, padahal Anda tidak mengganti SIM card atau operator selulernya, maka ada beberapa kemungkinan masalah yang terjadi.

Berikut ini beberapa penyebab dari masalah di atas serta solusinya.

  1. Sinyal Operator Tidak Stabil atau Tiba-tiba melemah
    Untuk melihat kekuatan sinyal, coba Anda klik menu ‘Cek Informasi SIM Card’ yang ada di panel Setting Konfigurasi. Idealnya sinyal yang kuat memiliki prosentase sekitar 30% ke atas. Jika di bawah 30% sebaiknya gunakan antena penguat sinyal atau terpaksa mengubah SIM card operator lain yang sinyalnya lebih kuat. Jangan lupa ketika akan mengubah SIM card, Anda harus mematikan dulu service GampSMS nya.
  2. Komunikasi Antara Komputer dengan Modem/HP Tidak Stabil
    Terkadang, port komunikasi antara komputer dengan modem bisa terganggu sehingga memperlambat proses pengiriman SMS. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus setting ulang GampSMS melalui http://localhost/gampsms/install.php. Jangan lupa sebelum Anda melakukan setting ulang, pastikan service GampSMS sudah dimatikan. Selanjutnya pada Langkah 2 instalasi, silakan hapus dulu semua Phone/Modem yang sebelumnya sudah diregisterkan kemudian tambahkan kembali Phone/Modemnya. Pastikan phone/modemnya bisa dikenali melalui Cek Koneksi, dan jangan lupa pula membuat servicenya kembali.

Berdasarkan pengalaman pribadi, kedua hal di atas dapat mempercepat/menstabilkan kembali proses pengiriman SMS broadcastnya dengan GampSMS.

Selamat mencoba dan menggunakan GampSMS…

Related posts:

  1. [NEWS] Update Terbaru GampSMS (2) 29/11/2010
  2. [TIPS & TRIK] Sending Error dan Penanganannya
  3. [FAQ] SMS Tidak Mau Terkirim (Berstatus Pending)