Mulai 1 Desember 2011, Plugin SMS Auto Translator dari GampSMS tidak bisa berfungsi secara normal. Adapun isi SMS balasan yang dikirim ke server GampSMS adalah ‘Google API Error’. Hal ini dikarenakan pihak Google telah menutup layanan Google Translate API V2 yang FREE (Gratisan). Dan kini Google Translate API tersebut hadir dalam layanan berbayar (Lihat sumber).

Selanjutnya bagaimana dengan Plugin SMS Auto Translator nya? apakah masih bisa digunakan? Anda masih bisa menggunakannya dengan menggunakan API yang berbayar. Untuk petunjuk registrasi dan pembayarannya silakan kunjungi situs ini. Dalam hal ini, kami selaku pihak pengembang GampSMS tidak mengambil keuntungan sedikit pun dari pembayaran tersebut.

Setelah Anda melakukan registrasi dan pembayaran, Anda akan mendapatkan kode API. Kode API yang berupa beberapa karakter acak yang terdiri dari huruf dan angka ini selanjutnya Anda letakkan di dalam file function.php pada folder GampSMS.

Silakan Anda cari baris kode ini di dalam function.php tersebut:

$fetch = file_get_contents("https://www.googleapis.com/language/translate/v2?key=...&q=".$stringText."&source=".$from."&target=".$to."&callback=rosihanari");

Kemudian, letakkan kode atau key API yang Anda dapatkan ke dalam parameter key=... menggantikan key yang lama (sewaktu masih gratisan).

Related posts:

  1. [PLUGIN] SMS Auto Translator GampSMS
  2. [PLUGIN] Cara Menggunakan Plugin Auto Forward SMS Inbox
  3. [FAQ] Notifikasi Incoming SMS Tidak Muncul