Dalam gampSMS terdapat fitur untuk menampilkan notifikasi atau pemberitahuan dalam bentuk pop up window dan ringtone setiap kali ada SMS masuk (incoming SMS). Notifikasi ini hanya akan muncul ketika ada SMS selain REG (registrasi phonebook via SMS), FWD (auto forward SMS), dan juga INFO (SMS auto reply) yang diterima oleh server.

Berikut ini gambar notifikasi yang muncul sewaktu ada SMS masuk.

sms gateway notification

Ada beberapa client yang menyampaikan ke kami bahwa fitur notifikasi ini tidak muncul setiap kali ada SMS selain REG, INFO dan FWD masuk ke dalam server. Kira-kira apa penyebabnya?

Berikut ini beberapa penyebab masalah tersebut.

  1. Pastikan Anda menggunakan web browser Firefox, Google chrome atau Opera yang terbaru. Beberapa Firefox versi lama (sebelum versi 3.x.x) memang tidak support sepenuhnya dengan AJAX sehingga notifikasi tersebut tidak muncul. Kami tidak menyarankan pengguna gampSMS untuk menggunakan IE sebagai browsernya karena tidak sepenuhnya support AJAX.
  2. Jika Anda telah menggunakan Firefox terbaru, begitu juga browser lain. Kemungkinan tidak munculnya notifikasi disebabkan pop up window notifikasi tersebut diblok oleh browser. Sebagai contoh misalnya di Firefox secara default memang terdapat fitur auto blocking terhadap pop up window. Untuk melihat bahwa Firefox telah memblok pop up, bisa dilihat pada gambar berikut ini

    sms gateway notification

    Tampilan tersebut muncul di bagian paling atas halaman web, tepat di bawah tombol navigasi Firefox. Supaya Firefox tidak memblok lagi pop window dari notifikasi, langkah yang harus Anda lakukan adalah mengklik tombol OPTION pada tampilan blocking yang muncul, kemudian klik ‘Allow pop up from localhost‘.

    sms gateway notification

  3. Jika dari point kedua di atas tidak muncul pemberitahuan bahwa pop up telah diblock, namun notifikasi tidak muncul juga, maka solusinya adalah Anda bersihkan dahulu semua history, cookies, dan cache dari Firefox Anda. Adapun caranya adalah klik menu TOOLS kemudian pilih CLEAR RECENT HISTORY pada Firefox.

Mudah-mudahan penjelasan di atas bisa memberikan solusi permasalahan di atas.

Related posts:

  1. [FAQ] Status Cek Modem di Gammu Tidak Muncul
  2. [TIPS & TRIK] Cara Mengubah Ringtone SMS Masuk (Incoming SMS)