Pertanyaan di atas sering ditanyakan oleh calon klien GampSMS untuk membandingkan produk SMS gateway serupa yang lain. Semoga kami bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Memang saat ini banyak beredar dan ditawarkan berbagai software SMS gateway dengan bermacam-macam merek atau nama software. Namun dari sekian banyak software SMS Gateway yang bermunculan, tidak semuanya handal dari sisi performa. Maksud ‘handal’ di sini adalah dari sisi ketahanan jika dijalankan secara nonstop berjam-jam atau berhari-hari.

Beberapa merek SMS Gateway sering kali hang atau macet servicenya jika dijalankan secara nonstop, sehingga klien harus senantiasa mengontrol masih aktif atau tidaknya servicenya. Apabila servicenya mati, maka si klien harus merestart servicenya atau merestart komputernya. Nah… hal ini sering terjadi pada aplikasi SMS Gateway yang menggunakan Gammu sebagai SMS Core engine nya. Hal ini terjadi karena Gammu memang memiliki kekurangan dalam ketahanan service, yaitu servicenya sering mati sendiri baik dalam keadaan idle (tidak ada sms masuk maupun keluar dalam waktu yang lama), atau ketika broadcast SMS dan terima SMS dalam jumlah besar. Dalam hal ini Gammu memang memiliki kelebihan yaitu di sisi kecepatan pengiriman SMS bandingkan engine SMS lain seperti Now SMS dan SMSlib, di samping Gammu ini bersifat opensource dan free :-)

Selain itu, ada pula software SMS gateway yang membuat hang komputernya ketika data SMS di INBOX sudah tersimpan banyak sekali dalam ribuan, sehingga klien harus repot menghapus satu persatu SMS secara manual supaya software SMS nya bisa berjalan normal kembali. Kasus ini pernah kami jumpai pada salah satu stasiun Radio FM di kota Solo yang akhirnya berpindah untuk menggunakan GampSMS.

Kelemahan lain dari ketidakhandalan software SMS Gateway yang umum beredar adalah, sulitnya dalam proses recovery data seandainya ada kerusakan dalam struktur database. Hampir kebanyakan software SMS gateway menggunakan database sebagai data storage nya. Dan parahnya lagi, hampir sebagian besar klien tidak menggunakan UPS sebagai sumber listrik cadangan ketika listrik padam. Terkadang padamnya listrik secara tiba-tiba ketika pemakaian software yang menggunakan database berakibat rusaknya struktur database tersebut, sehingga akibatnya software tersebut tidak bisa digunakan lagi dan harus diinstall ulang dari awal.

Itulah beberapa permasalahan yang sering kali dihadapi oleh klien ketika menggunakan software SMS gateway.

Lantas bagaimana dengan GampSMS? apa GampSMS bisa mengatasi permasalahan di atas?

Insya Allah… GampSMS bisa mengatasi permasalahan itu semua, mengapa? Ya… karena meskipun GampSMS menggunakan core engine Gammu, namun di dalam core GampSMS terdapat sebuah modul yang bisa menjamin kelangsungan service dari Gammu nya. Modul ini secara otomatis akan mendeteksi service mana yang macet atau mati, yang selanjutnya akan melakukan restart otomatis sehingga klien tidak perlu merestart secara manual. Modul inilah yang bisa menjaga kelangsungan service GampSMS senantiasa berjalan selama berjam-jam dan berhari-hari secara nonstop.

Terkait dengan kemampuan data SMS di inbox dan outbox, GampSMS tidak memiliki batasan jumlah data SMS yang tersimpan dalam inbox dan outbox, sehingga klien tidak perlu khawatir terhadap lambatnya aplikasi ketika loading datanya terlalu besar, atau kalau perlu klien bisa mengatur setting penghapusan SMS inbox secara otomatis setelah SMS berumur sekian hari, seperti halnya sistem yang ada di Blackberry atau smartphone lain. Dengan demikian Anda tidak perlu direpotkan dalam hal penghapusan data sms.

Selanjutnya dalam hal recovery, GampSMS sudah dilengkapi sistem recovery yang sangat mudah sekali. Mengapa sangat mudah? ya… karena jika struktur database GampSMS rusak, maka klien cukup menjalankan sebuah script via URL maka dalam hitungan microsecond, database sudah recovered dan GampSMS siap dijalankan lagi.

Itulah alasan mengapa kami berani mengatakan bahwa GampSMS lebih powerful dibandingkan software SMS lainnya, insya Allah wa biidznillah (atas izin Allah SWT). Semoga jawaban di atas bisa menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan kepada kami, dan semoga pula kami tetap bisa istiqomah dalam memberikan pelayanan dan menyempurnakan aplikasi GampSMS ini lebih baik lagi ke depannya. Amin…

No related posts.