Bagi Anda pengguna GAMPSMS, apakah mengalami permasalahan yaitu tiba-tiba SMS yang diterima software tidak muncul di INBOX atau SMS autoreply nya tidak bisa berfungsi dengan baik, namun pengiriman SMS lancar? Jika hal tersebut muncul, maka kemungkinan penyebabnya adalah pengaruh cache pada browser Chrome yang digunakan. Pengaruh cache ini lebih sering muncul akhir-akhir ini bersamaan dengan update terakhir browser Chrome secara otomatis (auto update).

Sebenarnya permasalahan di atas dapat diatasi dengan menghapus data cache di browser chromenya, namun beberapa waktu kemudian permasalahan yang sama muncul lagi, sehingga Anda harus menghapus kembali data cachenya. Tentu saja hal ini akan merepotkan. Lantas apakah ada solusi lain yang sifatnya permanen? iya ada, yaitu dengan cara men-disabled cache nya.

Untuk men-disabled cache pada browser Chrome, ikuti langkah berikut ini:

  1. Pada browser Chrome, tekan tombol CTRL + SHIFT + I, atau klik menu Tools – Developer Tools
  2. Selanjutnya klik icon berbentuk roda gigi (gear) yang terletak di bagian pojok kanan bawah browser (lihat gambar di bawah ini)
     photo cache_zpsd8668c33.jpg
  3. Kemudian beri tanda cek (centang) pada option ‘Disabled Cache’
     photo cache2_zpsa21a604d.jpg
  4. Restart browser Chrome

Mudah bukan melakukannya? Jika GAMPSMS dijalankan secara client-server, maka prosedur di atas diterapkan baik di komputer server maupun clientnya.

Mudah-mudahan masalah di atas tidak akan terjadi kembali. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Related posts:

  1. [FAQ] Notifikasi Incoming SMS Tidak Muncul