gampSMS adalah software SMS gateway berbasis web multi yang dibangun menggunakan bahasa  PHP, dan didukung dengan MySQL sebagai basis datanya. Sedangkan untuk core library untuk sms gateway nya, gampSMS menggunakan Gammu yang telah terbukti kehandalannya.

Fungsi utama dari gampSMS adalah memudahkan user untuk melakukan administrasi SMS, baik  keluar maupun yang diterima. Dengan kemudahan itulah, gampSMS bisa dijadikan tool ampuh untuk sarana promosi maupun penyebarluasan informasi secara cepat melalui SMS.

Tidak hanya sebagai software pengelolaan SMS dan juga pengirim SMS massal, GampSMS juga bisa berfungsi sebagai SMS center yang handal karena bisa diintegrasikan pada sistem lain untuk fitur autorespon SMS nya. Dengan demikian untuk fitur SMS autoresponnya, datasource tidak harus berada di GampSMS namun bisa di sistem lain.

Berbeda dengan software-software SMS sejenis yang dijual di pasaran, gampSMS memiliki desain tampilan yang simpel dan mudah digunakan tanpa ribet namun kaya akan fitur. Di samping itu gampSMS dijual dengan harga yang terjangkau untuk masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

Adapun fitur dari gampSMS ini antara lain:

  1. Costumized Configuration
    User dapat dengan mudah untuk mengkostumisasi format SMS yang akan dikirim, mengubah format perintah SMS, mengatur beberapa konfigurasi aplikasi, dan juga termasuk fitur cek pulsa dll.
  2. Phonebook Management
    User dapat dengan mudah mengatur data nomor handphone.
  3. Grouping Management
    User dapat dengan mudah mengatur pengelompokan data nomor handphone dalam phonebook berdasarkan group tertentu.
  4. SMS Inbox Management
    User dapat dengan mudah mengelola SMS yang masuk, memforward SMS ke nomor handphone lain, atau mereply nya.
  5. Auto Sending SMS
    Software ini dapat mengirim SMS berkala atau terjadwal secara otomatis pada semua nomor handphone yang terdaftar pada phonebook atau group tertentu
  6. Personalisasi SMS
    Software ini dilengkapi fitur untuk menampilkan nama setiap pemilik nomor handphone pada SMS yang dikirimkan.
  7. SMS Auto Phonebook Registration
    Seseorang bisa dengan otomatis mendaftarkan diri ke dalam database phonebook gampSMS hanya dengan mengirim SMS registrasi, dan sistem secara otomatis memberikan balasan SMS.
  8. Auto Forward SMS
    gampSMS juga dilengkapi dengan fitur untuk memforward SMS secara otomatis melalui format perintah SMS tertentu ke group yang diinginkan.
  9. SMS Broadcast (SMS Massal)
    Kemampuan utama dari gampSMS adalah bisa mengirim SMS secara cepat ke banyak nomor HP sekaligus, baik secara manual maupun otomatis melalui import file Excel.
  10. Long SMS Support
    gampSMS mampu mengirim dan menerima SMS dengan panjang hingga ribuan karakter.
  11. Authentication
    Untuk keamanan penggunaan, software ini dilengkapi dengan fitur login untuk user tertentu.
  12. Incoming SMS Notification
    Setiap kali ada SMS yang diterima oleh sistem, maka akan muncul pemberitahuan disertai dengan ringtone supaya user mengetahuinya.
  13. Multiple HP/Modem Support
    Untuk fleksibilitas dan efektifitas, gampSMS bisa disupport oleh lebih dari 1 buah HP/modem sebagai SMS receiver dan sendernya.
  14. Reporting System
    Untuk keperluan reporting, gampSMS dilengkapi juga dengan fitur export data dalam format Excel dari SMS yang diterima maupun yang dikirim beserta status pengirimannya apakah gagal atau sukses. Termasuk juga statistik jumlah SMS yang belum dikirim, sudah dikirim dengan sukses maupun yang gagal.
  15. Auto Resending Failed SMS
    gampSMS juga dilengkapi dengan fitur untuk mengirim kembali SMS yang gagal terkirim.
  16. Auto Responding SMS
    Anda dapat menciptakan suatu sistem yang dapat merespon setiap SMS yang dikirim oleh seseorang secara otomatis. Sebagai contoh misalkan seseorang ingin mengetahui sebuah informasi, maka hanya dengan mengirim SMS berformat tertentu maka orang tersebut secara otomatis mendapat balasan berisi informasi yang diinginkan.
  17. SMS Masking ID Sender
    Anda dapat mengirim SMS dengan Masking Sender dengan gampSMS.
  18. SMS Spam Auto Filter
    GampSMS mampu memfilter SMS SPAM yang dikirim dari nomor-nomor tertentu.
  19. Auto Restore SMS Template (NEW)
    Memungkinkan Anda untuk menyimpan teks SMS yang dikirimkan ke dalam template list, dan suatu saat bisa kembali digunakan
  20. Easy Backup and Restore Data (NEW)
    Memungkinkan Anda untuk membackup dan merestore semua data dengan mudah
  21. Easy Integration to Other System (NEW)
    Memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan GampSMS ke sistem lain sebagai datasource SMS autoresponnya. Sistem yang dapat diintegrasikan dengan GampSMS termasuk sistem yang ada di web hosting.
  22. Advanced SMS Plugin (NEW)
    GampSMS dilengkapi dengan beberapa plugin yang senantiasa ditambah fiturnya pada setiap update. Beberapa di antaranya adalah SMS auto translator, SMS bomber, SMS currency rate, Birthday SMS, SMS Polling dll.
  23. SMS Sender API (NEW)
    Dengan fitur ini, Anda memungkinkan untuk mengembangkan aplikasi web yang Anda buat dengan menambahkan fitur pengiriman SMS. Selanjutnya dengan API yang disediakan, SMS tersebut akan dikirim melalui GampSMS.

 

Kebutuhan Sistem

Untuk bisa menjalankan gampSMS, Anda membutuhkan:

  1. Web Browser
    Disarankan menggunakan Firefox, opera atau Google Chrome terbaru. Tidak disarankan menggunakan IE karena ada fitur AJAX yang terdapat di dalam gampSMS tidak bisa berjalan dengan baik.
  2. Web server dan PHP server
    Anda bisa menggunakan XAMPP, AppServ atau WAMP versi terbaru.
  3. Sistem Operasi
    gampSMS hanya dapat berjalan di sistem operasi Windows (XP, Vista, Win Server 2000, Win Server 2003, Windows 7, dll).
  4. HP/Modem SMS (AT Command Support)
    HP/Modem digunakan sebagai media untuk pengiriman dan penerimaan SMS. Tidak semua HP/modem support dengan AT Command, sehingga tidak semua HP/modem kompatibel dengan gampSMS. Sangat disarankan menggunakan modem Wavecom yang sudah teruji dengan baik.

 

Apa Kelebihan gampSMS dibanding Software SMS Center Lain?

  1. GampSMS adalah aplikasi SMS Center berbasis web. Tidak seperti software SMS lain yang merupakan aplikasi desktop, GampSMS bisa diakses secara simultan oleh beberapa PC client dalam suatu jaringan LAN tanpa melakukan instalasi di setiap PC. Sehingga hal ini bisa mengurangi cost untuk lisensi banyak PC.
  2. GampSMS bersifat semi opensource, sehingga Anda masih bisa melakukan modifikasi pada script-script tertentu. Script GampSMS yang dienkripsi hanya pada modul validasi serial number dan instalasi saja.
  3. GampSMS memiliki kecepatan pengiriman SMS yang cukup besar yaitu kurang lebih 600-800 sms/jam (jika menggunakan 1 modem). Sehingga GampSMS handal untuk pengiriman SMS massal.
  4. GampSMS mendukung penerimaan dan pengiriman long SMS dengan unlimited character.
  5. Instalasi dan penggunaan GampSMS yang mudah dan tidak ribet (user friendly)
  6. GampSMS menggunakan teknologi AJAX sehingga membuat user lebih nyaman dalam penggunaan (tanpa sering merefresh aplikasi untuk menampilkan data SMS)
  7. GampSMS lebih stabil (service tidak mudah macet) dalam menerima dan mengirim SMS dalam jumlah yang besar hingga puluhan ribu SMS meskipun hanya menggunakan 1 modem saja. Tidak seperti SMS center lain yang juga menggunakan Gammu, GampSMS lebih handal dan stabil dalam kinerjanya dikarenakan GampSMS telah menggunakan core Gammu yang telah diperbarui (improved gammu algorithm)
  8. Secara berkala, muncul update fitur terbaru GampSMS yang bisa diperoleh secara FREE
  9. Harga GampSMS yang relatif lebih murah dibandingkan software lain sejenis
  10. Terdapat beberapa plugin dalam GampSMS sebagai bentuk varian sms service
  11. Layanan after sales untuk setiap klien apabila mendapat kesulitan dalam proses instalasi maupun penggunaannya.

 

Siapa yang cocok menggunakan gampSMS?

gampSMS cocok bagi perusahaan atau UKM yang menggunakan SMS sebagai media marketing, disamping itu gampSMS juga bisa digunakan untuk sarana komunikasi antar personal staff di suatu perusahaan atau instansi.

Dengan fitur auto reply nya yang mudah digunakan dan customizabled, GampSMS juga cocok digunakan sebagai mesin penjawab SMS secara otomatis dari klien suatu perusahaan.

Bagi sekolah yang ingin membangun SMS gateway untuk keperluan akademik, bisa menggunakan gampSMS karena terdapat fitur auto responding. Dengan fitur auto responding, siswa atau orang tua siswa dapat melihat informasi sekolah, nilai siswa maupun presensi kehadiran siswa.

Untuk keperluan dakwah, gampSMS juga bisa digunakan. SMS berisi pesan-pesan dakwah bisa terkirim secara massal secara manual maupun berdasarkan waktu yang terjadwal.

Alhamdulillah… beberapa BUMN, perusahaan dan organisasi skala nasional telah menggunakan GampSMS. Beberapa di antaranya adalah Bank BNI, Bukopin, PLN, PGN (Perusahaan Gas Negara), serta masih ada beberapa lagi yang lain.